- Latar Belakang
Pendidikan
merupakan tanggung jawab seluruh lapisan, baik pemerintah, swasta maupun
lembaga-lembaga masyarakat ( Civil Socity Organization ) dalam turut serta
mencerdaskan kehidupan bangsa. Lembaga pendidikan sebagai institute yang sangat
vital dalam mewujudkan kehidupan bangsa yang cerdas, kreatif, dan inofatif.
Bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang
berilmu, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjadi warga
Negara yang demokrakis dan bertanggung jawab.
Dalam rangka
mencapai apa yang tersebut di atas, terdapat berbagai tantangan dan
hambatan-hambatan baik sarana maupun prasarana sekolah, daya tamping, keadaan
sekolah, jarak tempuh sekolah, dan lain-lain hambatan yang selalu menghadang.
Kondisi yang demikian tidak berarti anak-anak bangsa sebagai tunas generasi
pembangunan kehilangan haknya dalam memperoleh pendidikan dengan baik dan
layak.
Setiap akhir
tahun pelajaran jumlah lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan
sederajat terus meningkat, hal tersebut dibarengi pula meningkatnya kesadaran
orang tua dan anak-anak usia sekolah akan pentingnya pendidikan. Dipihak lain, kondisi
krisis multi dimensi yang besar bagi kemampuan masyarakat kelas bawah (Graass
Roots) untuk menyekolahkan anak-anaknya, ditambah jarak tempuh antara tempat
tinggal dan sekolahan memerlukan transport yang tidak sedikit, adalah salah
satu fenomena yang membebani mereka.
Mengingat
jumlah SLTP sederajat di Kabupaten Bojonegoro, khususnya di Kecamatan Ngraho
dan sekitarnya sangat banyak dibandingkan dengan daya tampung MA ( Madrasah
Aliyah ) dan sederajat yang ada, maka sangat perlu kiranya dibuka/didirikan
sekolah Madrasah Aliyah baru, sehingga mampu menampung lulsan SLTP sederajat
yang tidak tertampung pada Madrasah Aliyah dan SLTA sederajat yang ada.
Disamping
hal-hal tersebut diatas, kami memandang sangat perlu untuk mendirikan Madrasah
Aliyah yang baru yakni Madarsah Aliyah Asy-Syukuriyah yang didukung beberapa faktor sebagai berikut :
1.
Banyaknya jumlah lulusan Madrasah Tsanawiyah Asy-Syukuriyah yang tidak mampu melanjutkan
karena faktor transportasi atau ekonomi.
2.
Keberadaan Pondok Pesantren Asy-Syukuriyah yang mampu
menampung siswa/santri dari luar wilayah Ngraho.
3.
Banyaknya SLTP/MTs sederajat di wilayah Kecamatan
Ngraho dan sekitarnya.
4.
Dalam menyongsong wajib belajar 12 tahun, desa Payaman
terletak di wilayah yang strategis terhadap penyelenggaraan pendirian Madarsah
Aliyah Asy-Syukuriyah.
- Maksud dan Tujuan
Penyelenggaraan
pendidikan Madarsah Aliyah ( MA ) dibawah naungan Lembaga
Pendidikan Islam
Asy-Syukuriyah di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro mempunyai
maksud dan tujuan sebagai berikut :
1.
Menampung lulusan SMP/MTs dari keluarga tidak
mampu/yatim yang akan melanjutkan kejenjang pendidikan Madarsah Aliyah ( MA ).
2.
Menampung sejumlah besar llulusan MTs Asy-Syukuriyah
Payaman yang tidak mampu melanjutkan ke SMA N, SMK, MAN Ngraho dan MAN Padangan
karena faktor biaya.
3.
Memenuhi permintaan dan harapan masyarakat ( orang
tua/wali murid ), agar putra putrinya dapat melanjutkan kejenjang pendidikan
Madarsah Aliyah ( MA ).
4.
Mempersiapkan generasi muda yang berilmu, cerdas,
kreatif dan inovatif yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
berguna bagi bangsa Negara ( lingkungan ).
5.
Mempersiapkan generasi dalam menghadapi era
globalisasi dan informasi.
- Faktor-Faktor yang Mendasari Madrasah Aliyah Asy-Syukuriyah
Adapun
beberapa faktor yang mendasari didirikan Madarsah Aliyah ( MA ) dibawah naungan
Lembaga Pendidikan Islam Asy-Syukuriyah di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro
adalah sebagai berikut :
1.
Lembaga
Pendidikan Islam
Asy-Syukuriyah di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro telah lama
mengelola pendidikan tingkat MI dan MTs Asy-Syukuriyah.
2.
Menerapkan pengelolaan/managemen pendidikan yang
tertib dalam arti profesional, ditunjang olah sarana dan prasarana yang
memadahi serta memiliki dedikasi yang tinggi dari seluruh elemen, baik lembaga, guru dan karyawan, maupun
siswa-siswi yang saling bersinergi. Maka Lembaga Pendidikan Islam Asy-Syukuriyah di Desa Payaman
Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro mendapat kepercayaan yang luas dari
masyarakat, tercermin dari animo masyarakat untuk mendaftarkan putra-putrinya
di sekolah yang dikelola oleh Lembaga Pendidikan Islam Asy-Syukuriyah ( L P I A ) .
3.
Pengalaman dan keberhasilan serta maksud dan tujuan Lembaga
Pendidikan Islam
Asy-Syukuriyah dalam mengelola pendidikan tersebut yang mendasari rencana
pendirian/pembukaan Madarsah Aliyah Asy-Syukuriyah yang beralamat di Desa Payaman Kecamatan Ngraho Kabupaten
Bojonegoro.
- Profil Madrasah
- Nama Madrasah : MA Asy-Syukuriyah
- Alamat Madrasah : Jl. Aryo Jipang Desa Payaman Kec. Ngraho Kab. Bojonegoro
- NSM : 131235220037
- NPSN : 69756286
- Tahun Berdiri : 2009
- Jenjang Akrditasi : -
- Luas Tanah : 710 m2
- Status Kepemilikan Tanah : Wakaf
- Tanda Bukti Kepemilikan Tanah : Sertifikat
- Jumlah Murid TP.2015/2016 : 64
- Jumlah Rombel : 3 rombel
- Jumlah Guru dan Karyawan : 23 orang
- Jumlah Ruang Kelas : 3
- Jumlah Ruang Kelas Rusak : 3
- Visi dan Misi
Ø Visi Madrasah
Aliyah Asy-Syukuriyah
Terwujudnya
generasi Islam yang tangguh, berwawasan luas dan berakhlakul
karimah.
Ø Misi Madrasah
Aliyah Asy-Syukuriyah
1.
Membentengi siswa dari arus globalisasi yang negative
2.
Mengaktualisasikan ajaran Al-Qur’an dan Sunnah
3.
Menggali khazanah ilmu pengetahuan yang bermanfaat
bagi masyarakat.
- Program dan Sarana Tahun Pejaran yang sedang berjalan dan yang akan datang
1.
Program dan Sarana Tahun Ajaran yang berjalan Madrasah
Aliyah Asy-Syukuriyah sebagai berikut :
a.
Melakukan kegiatan proses belajar mengajar (PMB)
sesuai degan peraturan yang berlaku.
b.
Melaksanakan seluruh petunjuk, kebijakan Operasional
dari Kementrian Agama Pusat c.q Kementrian Agama Bojonegero.
c.
Melaksanakan kalender pendidikan tahun pelajaran yang
seang berjalan.
d.
Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah dengan baik
dan tertib
e.
Mengadakan rapat Guru secara rutin tiap bulan bahkan
kiranya perlu tiap minggunya.
f.
Menjaga dan melaksanakan program 5 K.
2.
Program dan Sarana Madrasah Aliyah Asy-Syukuriyah
sebagai berikut:
a.
Melaksanakan program yang sekarang sedang berjalan dan
memenuhi beberapa kekurangan
b.
Meningkatkan kwalitas pross belajar mengajar (PMB)
c.
Melaksanakan program-program supervise
d.
Mengadakan dan mengajukan kebutuhan-kebutuhan yang
dipandang perlu kepada bagian pendidikan Madrasah Aliyah.
- Program jangka pendek, Jangka menengah dan Jangka panjang
1.
Program jangka pendek Madrasah Aliyah Asy-Syukuriyah
a.
Memelihara sarana dan prasarana yang telah ada
b.
Melakukan evaluasi terhadap PMB (Proses Belajar
Mengajar)
c.
Melakukan rekrutmen Guru yang berkapabel dan
berkuwalitas
d.
Memberikan pembinaan guru dan murid secara intensif.
2.
Program jangka menengah Madrasah Aliyah Asy-Syukuriyah
a.
Memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi
b.
Merehabilitasi meja kursi
c.
Merehabilitasi sarana dan prasarana penunjang
pendidikan, jenis kegiatan, sarana olahraga
d.
Menggalakkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler
e.
Pengadaan alat-alat praktek
f.
Membuat statika kemajuan PMB (Proses Belajar Mengajar)
g.
Membentuk koperasi sekolah
h.
Menjalin hubungan dengan pihak lain guna memperoleh
manfaat yang saling menguntungkan.
3.
Program jangka panjang Madrasah Aliyah Asy-Syukuriyah
a.
Membangun/menambah ruang kelas besar ( Aula )
b.
Membangun gedung sekolah dengan lantai 2
c.
Pemeliharaan dan menambah alat praktek
d.
Membentuk UKS
e.
Melengkapi sarana yang belimada sesuai dengan kebutuhan
f.
Merehabilitasi dan membangun asrama siswa
g.
Mendirikan laboratium computer, bahasa dan atau yang
sesuai kebutuhan sekolah
h.
Mengisi kurikulum local yang sesuai dengan tuntutan
pasar (industrialisasi)
i.
Memperkuat jaringan komunikasi dengan pihak lain
sebagai upaya mewujudkan Link and Macth.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar